Sunday, February 15, 2015

Arti dan Beda Internet dan Intranet

Apakah teman-teman mengetahui perbedaan antara internet dgn intranet? Tentu belum banyak yg tahu (termasuk saya ^_^ ). Hal ini sangatlah penting diketahui oleh orang-orang IT, lantaran merupakan salah satu pengetahuan dasar dlm bidang kejuruan mereka. Namun hal ini tak dpt dijadikan alasan bagi masyarakat awam untuk tak mengetahui apa yg membedakan antara internet dan intranet, mari kita Ungkap Perbedaan Internet dan Intranet

Internet




Internet merupakan hubungan antara perangkat komputer dengan berbagai tipe yg membentuk sistem jaringan di seluruh dunia (jaringan komputer global) dgn melalui jalur telekomunikasi, seperi telepon, satelit, & lainnya. Internet berasal dari kata Interconnection Networking.

Dalam internet, digunakan protokol berupa TCP/IP untuk mengatur komunikasi dan integrasi. Keduanya (TCP serta IP) memiliki fungsi umum antara lain : mengirimkan serta mengatur paket-paket dalam pengiriman data, memilih rute paling baik dalam proses transmisi data bahkan memberikan rute alternatif apabila ada rute yang tidak dpt digunakan. Sedangkan fungsi khusus antara keduanya yaitu TCP (Transmission Control Protocol)memiliki fungsi untuk memastikan semua hubungan antar jaringan berjalan dgn benar & IP (Internet Protocol) memiliki fungsi mentransmisikan data antar komputer.



Adanya internet, berbagai manfaat dpt dirasakan. Proses komunikasi yang mudah diseluruh penjuru dunia tanpa mengenal batas, proses transmisi data yang cepat tanpa memakan waktu lama, dapat menjalin pertemanan antar negara menggunakan media sosial yg semakin menjamur. Dan beragam alternatif canggih yg disediakan secara gratis maupun berbayar. Namun perlu diketahui, utk menikmati beragam fasilitas dari jaringan komputer berupa internet ini, dibutuhkan media penyelenggara jasa internet yg biasa disebut ISP atau Internet Service Provider. Salah satu jasa penyelenggara internet di Indonesia ialah Telkomnet Instandari Telkom, teman-teman bisa berlangganan di penyedia ISP tersebut.

Intranet

Pengertian Intranet hampir sama dengan pengertian internet, yaitu suatu jaringan komputer yg berbasis protokol TCP/IP, namun intranet biasa digunakan di dalam kegiatan internal perusahaan. Intranet bisa diartikan sebuah jaringan internet pribadi atau dengan kata lain intranet adalah internet yang dimiliki dlm sebuah organisasi. Intranet menggunakan semua protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya, & klien serta jg server. Komponen protokol yg sering digunakan merupakan Protokol HTTPdan beberapa protokol internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP).

Antar intranet dapat saling berkomunikasi jarak jauh asalkan masih dlm satu jaringan intranet. Intranet dapat dikeluarkan ke publik jika suatu organisasi menghendakinya. Hal ini disebut ekstranet, dmn ekstranet ialah kegiatan mengekspose sebagian dari jaringan komputer intranet suatu organisasi ke luar organisasinya, sehingga dapat diakses oleh publik secara luas. Sebagai contoh. Ketika seseorang membeli e-book dari suatu e-toko, maka orang itu telah mengakses sebagian intranet dari e-toko tersebut. Organisasi yg menghendaki ekstranet, bisa melakukan kontrol pengaksesan terhadap jaringan intranet mereka menggunakan firewall.Firewall ialah sebuah piranti lunak Per keras yg berfungsi utk mengatur (me-manage) akses seseorang ke dalam intranet.

No comments:

Post a Comment