Monday, April 20, 2015

Memindahkan aplikasi android ke sd card dengan root

Bagi kalian yang mempunyai smartphone keluaran terkini sekarang ini, mungkin sebenarnya hal itu sudah bukan lagi menjadi masalah. Nah untuk mengatasi masalah keterbatasan pada memori internal itu kita bisa mengakalinya dgn cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card atau memori eksternal. Dgn cara begitu, kami bisa menyimpan lebih banyak aplikasi dan memiliki penyimpanan yg lebih. Ada beberapa cara mudah utk memindahkan aplikasi android ke SD card ketika ini, baik dengan cara memindahkan aplikasi tersebut secara manual, maupun melalui aplikasi pihak ketiga dgn syarat smartphone kami harus telah di root.

Jika saat ini kalian sedang bingung bagaimana Cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card, berikut ini Aplikasi Android Blog akan memberikan langkah demi langkah untuk Cara Mudah Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card.




Cara Pertama Dgn Cara Manual

Masuk ke menu Setting

Lalu pilih Aplikasi

Selanjutnya tinggal mencari aplikasi yang kepingin kami pindahkan ke memori eksetrnaal, dan tekan tombol Move to SD card.

Move to SD card

Cara Kedua Dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Apabila cara diatas gak bisa, Cara yang paling mudah untuk memindah aplikasi Android ke eksternal SDCard, kami dapat pakai aplikasi gratis yang dapat di download langsung pada Playstore namanya Link2SD. Pada aplikasi Link2SD ini memiliki fungsi utama yaitu dapat memindahkan banyak data serta aplikasi dari internal memori ke external memory dgn cepat. Aplikasi Link2SD membutuhkan sebuah partisi khusus yang terdapat pada SDcard untuk dijadikan tempat penyimpanan dari data aplikasi yang seharusnya disimpan di internal memory.

Sebelum melanjutkan langkah ke cara memindahkan aplikasi ke SD Card ada persyaratan yang mesti dipenuhi supaya cara ini bisa diterapkan pada smartphone android kita yaitu:

Perangkat smartphone android kami hrs telah berstatus root, jika belum diroot, sobat bisa mencari langkah-langkah roting android menurut type smartphone android sobat di google

Memori Ekternal (SDCard) mesti telah terpartisi, sama halnya seperti partisi hardisk pada komputer, SDCard kami mesti dipartisi menjadi 2 bagian, kami dpt mempartisinya dengan menggunakan aplikasi Partition Wizard, kalian bisa melakukan proses partisi ini di PC/ Laptop. Atau bisa langsung melakukan partisinya melalui smartphone kalian, untuk cara partisi pada SDCard, Dpt Sampean baca posting tentang Cara Tidak Sulit Partisi Micro SD Card Android Dgn Link2SD Tanpa PC.

Jika persyaratan diatas sudah kalian lakukan, selanjutnya perhatikan langkah-langkah Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD dibawah ini:

Silahkan download & install aplikasi Link2SD melalui Google Playstore.

Jalankan aplikasi Link2SD. Bila muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Ketika pertama kali menggunakannya, akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yg lw gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32), sesuaikan dengan jenis partisi yang telah engkau lakukan sebelumnya di PC misal FAT32/16, Lalu engkau akan diminta merestart perangkat anda. Silahkan restart dan jalankan kembali Link2SD.

Setelah itu langsung saja kami pilih aplikasi mana saja yang ingin di pindahkan ke SD card. tekan softkey atau tombol pilihan, lalu pilih multi select. Lw dpt langsung memilih semua aplikasi dgn menyentuh select all, atau sampean jg bisa memilih beberapa aplikasi saja dengan mencentangnya yg ada di sebelah kiri icon dari masing- masing aplikasi. Perlu diketahui bahwa aplikasi sistem tdk akan dpt dipindahkan.

Jika sudah selesai memilih aplikasi yg kepingin dipindahkan, sentuh softkey lalu pilih create link.

Pastikan engkau mencentang ketiga menu yang muncul, lalu pilih OK.

Tunggu sampai proses selesai serta lihatlah perbedaannya. Memory internal akan lebih bebas karna data aplikasi yg engkau pilih tadi telah dipindahkan jumlah ke SD card partisi kedua. Silahkan cek penggunaan memory dengan menyentuh softkey serta pilih storage info.

Selesai. Cara Mudah Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card. Semoga tutorial diatas dpt berguna untuk sobat semuanya

No comments:

Post a Comment